Panduan Membuat Lapangan Futsal

Sahabat aisarchitect untuk membuat desain lapangan futsal hobby ( Non prestasi ) lengkap dengan sarana ruang ganti, KM/WC, dan tribun untuk penonton. Lahan yang ideal sekitar berukuran 25 m x 40 m = 1.000 m2,

Peruntukan 18 m x 35 m = 630 m2.
maka Sisanya dipergunakan untuk tribun, ruang ganti, dan KM/WC. yang mana ukurannya menyesuaikan dengan kebutuhan ruang lahan yang tersisa tersebut

Ada dua alternatif yang dapat kita buat,

Pertama
Area Ruang ganti di depan
Kedua
Area Ruang ganti di samping. 















Pada alternatif pertama, lebar 25 meter dikurangi lebar lapangan 18 meter menyisakan 7 meter, sehingga kanan-kiri dibagi rata masing-masing 3,50 meteran. Pada panjang 40 meter dikurangi panjang lapangan 35 meter menyisakan 5 meter. Untuk bagian depan atau pintu masuk diambil jarak 2,25 meter untuk ruang ganti/KM, sisanya dibagi dua untuk jarak lapangan futsal ke tembok masing-masing = ( 5-2,25) / 2 = 1,375 meteran.

Lalu, bagaimana dengan konstruksi bangunannya?


Konstruksi atap yang paling mudah dikerjakan adalah menggunakan besi WF-200 x 100 mm atau 20 x 10 cm Besi WF ini dipakai untuk tiang dan kuda-kudanya. Sedangkan untuk gording digunakan besi Kanal C-150x35 dengan tebal 2,8 mm. Penutup Atap yang digunakan adalah atap Zincalume atau Galvalum dengan ketebalan 0,35 mm, dipasang menggunakan selfdrilling screw.

Jarak as antar kuda-kuda ideal adalah 6 meter. pada posisi Panjang 40 meter jika dibagi 6 meteran hasilnya 6,67 maka dibulatkan 7 bentangan dengan jumlah kuda-kuda = 8 buah. Ada 6 bentangan yang berjarak 6x6 = 36 meter, sisanya ada 40-36=4 meter. Namun karena harus masuk dari batas tanah maka dibuat jarak 3,50 meter yang diletakkan di bagian tengah.

Konstruksi dimulai dari bawah (pondasi), dibuatkan sepatu ukuran 100 cm x100 cm dengan tebal 20 cm pada kedalaman 1,40 meter agar mencapai tanah keras, besinya memakai diameter 12 mm berjumlah 11 buah x 2 = 22 buah yang saling menyilang berbentuk huruf U. Untuk perkuatan maka pada bagian atas pondasi cukup menggunakan besi 10 mm berjumlah 8 buah x 2= 16 buah sebagai tulang susut.

Pedestal/kolom dibuat ukuran 25 cm x 40 cm, yang bagian atasnya dipasang angkur 5/8” untuk perletakan tiang besi WE-200 agar kedudukan tiang dengan pedestal kuat. Pada pembesian kolom pedestal digunakan besi 16 mm berjumlah 8 buah dengan beugel 8 mm jaraknya 15 cm. Pengecoran menggunakan campuran 1 semen : 2 pasir : 3 kerikil dengan syarat kondisi pasir dan kerikil harus bersih dan keras.

Hubungan antar kolom dipasang sloof yang cukup besar berukuran 20 cm x 40 cm agar mampu menahan pasangan tembok di atasnya. Di bawah sloof tidak harus lagi dipasang pondasi batu kali lagi, selain untuk penghematan konsep Sloof ini sudah diperhitungkan dengan sistem Gantung layaknya seperti Pembalokan pada bangunan berlantai 2

Untuk dinding ada beberapa pilihan. Seluruhnya tembok bisa dibuat dari bata merah, batako atau bata ringan. Bisa juga bagian bawah dibangun tembok biasa ( Setengah badan ) dan bagian atasnya dipasang kawat harmonika atau dipasang galvalum. dan bisa juga tanpa dinding sama sekali dengan kata lain Semi Indoor, untuk menghindari Resikonya jika bagian atas menggunakan kawat harmonika / Semi Indoor saat terjadi hujan akan terpengaruh tempias hujan yang miring, jatuhan air hujan dari atap, maka solusi utamanya adalah dengan menggunakan Talang.

Jarak kuda-kuda yang 6 meter jika terkena angin akan berisiko bergoyang, untuk itu antar kuda-kuda dipasang ikatan angin menggunakan besi beton ukuran 14 mm dan sebagai pengeras tarikan dipasang span skrup. Pemasangan ikatan angin ini akan lebih kokoh jika pada tiap-tiap bentang dipasang, baik arah ke kanan maupun ke kirinya.

Gording Canal-C harus disatukan dengan pemasangan trekstang agar konstruksi gording lebih kaku dan jaraknya selalu sama tidak perubahan ada akibat dari lendutan. Pada jarak 6 meter maka jarak trek stang dibagi 3 bagian sehingga jumlah trekstang per gording ada 2 buah. Trek stang dibuat dari besi 12 mm yang dibuat ulir pada ujungnya dan dipasang mur 12 mm.

Lampu-lampu penerangan jika digunakan pada suasana mendung atau malam hari harus cukup terang tapi tidak menimbulkan suhu panas, maka pasanglah lampu-lampu jenis hemat energi sehingga cukup terang tapi tidak panas.

Pemasangan kipas angin mutlak diperlukan untuk bangunan tertutup tembok, mengingat ketika sedang bermain futsal hampir semua pemain mengeluarkan keringat yang cukup banyak, juga penonton yang berada di tribun harus merasakan kenyamanan yang sama.

Kipas angin dipilih yang kekuatan besar namun tidak menimbulkan suara gaduh. Pada lapangan futsal modern dan mewah dipasang instalasi AC sehingga sangat nyaman berolah raga di dalam gedung tersebut. Meski tentu saja diperlukan biaya besar dalam investasinya dan juga biaya operasionalnya.

Untuk kenyamanan berlari-lari di lapangan dipasang rumput sintetis berwarna hijau agar menyerupai warna rumput asli. Bisa dipasang warna hijau semuanya atau selang-seling antara hijau tua dan hijau muda untuk memudahkan operan bola agar tidak sampai terkena offside.

Rumput sintetis ini dipilih yang tidak mengandung efek bau agar tidak membahayakan pernafasan dan mudah disedot ketika dibersihkan.

Terakhir, yang paling penting di lantai ini adalah ketika ada pemain jatuh tidak sampai menyebabkan luka, namun juga tidak terlalu empuk sehingga mengganggu pergerakan pemain untuk berlari, karena tujuan utama olahraga ini untuk menjadikan tubuh sehat, bukan malah luka karena kecelakaan.


=====
Butuh desain atau Mau konsultasi, seputar konstruksi, desain bangunan, atau RAB

Hubungi
aisarchitect : Jasa Desaign Arsitek Di Bandung
Asep Iwan Sutedi

Tlp : 082118800690
WA: 081383462798
Alamat : Jl.Raya Cinunuk Komp: Permata Biru Blok AL No. 29 Cinunuk Cileunyi Bandung 40393 Jawa - Barat

ais architect Studio yang bergerak dibidang Jasa Rancang Bangun Arsitektur, baik itu Rumah tinggal, kantor, Ruko, Hotel, Pabrik, Apartement dan lain-lain.

Apapun yang akan anda bangun kami siap membantu untuk dapat mewujudkannya.
kami akan memberikan harga yang kompetitip tenaga ahli yang berpengalaman dengan hasil yang memuaskan
aisarchitect
Membangun dengan pengalaman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.