Dak Beton Kraton Solusi Ngedak Murah


Jasa Pasang Dak Beton Kraton Area Bandung
Jl. Raya Cinunuk Komp. Permata Biru Blok AL No. 29 Cinunuk Cileunyi Bandung

Iwan
Tlp : 082118800690
WA: 081383462798 
Kami pun dapat mengerjakan Desain maupun kontruksi/Borongan

Pengenalan Awal Beton Kraton
Pada saat ini dimasa krisis global, baik  seorang perencana design maupun pelaksana lapangan, tentunya membuat dak lantai beton menjadi keharusan dalam suatu pembangunan rumah/gedung.
Mereka terkadang tidak mengindahkan produk-produk yang jarang didengar atau yg baru mereka ketahui dipandang sebelah mata. bahkan ada beberapa engineer dibandung Khususnya dan di indonesia umumnya belum banyak mengetahui produk beton komposit keramik ini
( Beton Kraton ).
Padahal produk ini sudah lama masuk di Indonesia, bahkan dibandung sendiri pun sudah banyak

Gambar: detail Beton Kraton

Bahan material ini lahir atas kerjasama beberapa Negara di Eropa (Jerman dan Belanda) sekitar seratus tahun yang lalu. Kemudian teknologi material ini dibawa ke Indonesia melalui proyek Bantuan Teknis Pembangunan Industri Bahan Bangunan yang diawasi oleh:
UNIDO/UNDP (PBB Project INS/740/034) dan diberi nama Beton Kraton.
Pada proyek penelitian yang berlangsung sekitar tahun 1977, bahan material Beton kompoeit kraton ini diteliti penggunaannya pada sebuah rumah contoh di Puslitbangkim Cipta Karya Pekerjaan Umum. Aplikasi material pada penelitian ini merupakan pengembangan dari Ir. Emon Sulaiman (Alm) dan Nasan Subagia. Kemudian dikembangan lagi dengan modifikasi model oleh Ir. Judadi dan Dipl. Ing Yudiro pada tahun 1984. Setelah itu pada tahun 1990, oleh Ir. Bambang Mursodo dikembangkan lagi modifikasinya.

Gambar: Beton Kraton yang sudah di rangkai

Produk beton komposit kraton ini, merupakan salah satu alternatif dalam membuat beton pelat lantai, baik untuk rumah tinggal maupun bangunan umum, karena dari sisi ekonomis produk ini lebih murah dan dari sisi kekuatan tidak kalah dengan sistem dak konvensional.
artinya Ngedak dengan “Beton Keraton” adalah sebagai solusi alternatif membangun dengan Murah


Keramik komposit secara fisik seperti bata roster yang memiliki memiliki lubang pada bagian tengahnya, dengan garis-garis penyangga sebagai plat rusuk. Lubang-lubang tersebut sudah dihitung sedemikian rupa dan melewati proses beberapa pengujian sehingga bahan ini dijamin kuat untuk dijadikan Alternatif pelat lantai, sebagai solusi ngedak murah.

Gambar: Beton keraton terakit dan tercor

Rongga-rongga dan lubang pada beton keraton secara struktural akan mengurangi beban pelat lantai jika dibandingkan dengan pelat beton masif. Untuk pemasangan pelat secara satu arah / one way slab, teknik ini bisa menghemat pemakaian besi beton hingga 70%, sehingga sistem ini dirasa sangat effisien, praktis dan ekonomis.
Teknologi keramiknya sendiri  terdiri dari blok terpisah, selanjutnya blok-blok keramik tersebut dirakit dan disisipi tulangan yang berfungsi sebagai tulangan tarik, sama seperti pada balok beton, sebagai mana yang terlihat pada gambar diatas,

Tulangan tersebut juga berfungsi sebagai pengikat antar blok kraton dengan cara disemen (mortar/sejenisnya) yang berfungsi seperti lem. Pada tahap ini, agar dapat menjadi bentuk balokan yang baik, yang dapat diangkat dengan aman untuk dipasang diatas Struktur Pembalokan, untuk bagian keramik kraton berfungsi sebagai kopel desak, sedangkan tulangan sebagai tulangan tarik. Tulangan dipasang pada ke empat sudut, agar mampu menerima lentur pada semua arah, itu semua diarahkan untuk menerima beban berat sendiri, dan juga berat beban diatasnya.

Gambar: Beton keraton terakit tersusun

Selanjutnya tujuan dari balok di atas adalah dikembangkan sebagai lantai komposit, yaitu dengan dijajarkan serta dicor beton diatasnya dengan semen mortar/ semen biasapun juga bisa. bagian atas keramik, yang dicor, cukup tipis, kurang lebih 3-5 cm saja, pengecoran beton di pinggir-pinggir keramik tersebut, fungsinya seperti balok rib. Secara prinsip itu semua memang dapat bekerja sebagai elemen balok struktur.



Gambar: Top angle kraton terpasang

Pengenalan Awal Proses Pekerjaan Beton Kraton
























Gambar : Cara Pasang Beton Kraton

G E R A F I K  C A R A  P E N G G U N A A N  B E S I
Tentukan dulu tulangan yang dipakai dengan menggunakan grafik ini.



















Gambar: Grafik Penggunaan

K W A L I T A S   B E T O N   K R A T O N
KEKUATAN
material ini sudah diuji laboratorium yang mendapat hasil bawah keraton akan melendut pada beban diatas 500 kg/m2. Hasil ini sesuai dengan loading Test-II No LB/BPPU/001-12/IX/9906.09.99.

RINGAN
(sekitar 180-225 kg/m2) dibandingkan dengan beton (sekitar 240 kg/m2)., ini karena keraton memiliki rongga didalamnya dan material pembentuknya adalah tanah liat. Walaupun bobotnya ringan, hal ini tidak berpengaruh pada kualitasnya yang sejajar dengan kualitas beton K 175 yang mempunyai tegangan ijin maksimum sebesar 55 kg/cm². Bobot yang ringan ini menyebabkan beban strukur yang didukung oleh kolom bisa dihemat. Selain itu, menurut Ir. Bambang Mursodo, keuntungan bobot yang ringan akan memperkecil GAYA GEMPA yang diterima oleh stuktur bangunan. Ini berarti bila mengalami keruntuhan, lantai tidak akan runtuh dalam bentuk lempengan besar dan berat tetapi dalam bentuk lempengan kecil sehingga tidak membahayakan penghuni. Dalam Rumus Newton F=m.a . Jadi jika massa bangunan berkurang maka gaya gempa yang terjadi akibat percepatan gempa juga berkurang .

ADANYA RONGGA
di dalam komposit keramik beton akan memudahkan kita untuk menangkap “sinyal” bila plat/dak beton itu akan runtuh. Hal ini bisa diibaratkan dengan sepotong bambu yang digunakan sebagai perancah. Bila diinjak dan akan patah maka bambu akan memberikan “sinyal” bahwa ia akan patah, diantaranya dengan mengeluarkan suara “krek”. Berbeda jika bila perancah yang digunakan adalah kayu. “sinyal” ini tidak ada karena kayu tidak mempunyai rongga didalamnya. Bila patah ia langsung patah
Juga berfungsi sebagai PEREDAM SUARA dan PANAS dan yang mana rongga didalam bata keraton ini juga memberikan keuntungan tambahan yaitu dapat meredam panas dan bunyi karena berfungsi sebagai isolator. Sebagai elemen ESTETIKA,dapat diperlakukan dengan diekspos sehingga memberikan dampak visual natural pada design interior. Rongga juga bagus terhadap suara (lebih kedap ) juga terhadap termal, jadi mestinya lebih sunyi dan dingin.

B I A Y A  M E N G G U N A K A N   B E T O N   K R A T O N

EKONOMIS / MURAH.
Tanpa (sangat sedikit) menggunakan perancah (bekisting) kayu, tulangan hanya satu arah sehingga mengurangi pemakaian besi. Dan pemakaian beton sangat sedikit sehingga menghemat material. Dapat berfungsi sebagai perancah tetap, dipasang tanpa perlu pembongkaran. Jadi jelas dari segi perancah sangat ada penghematan. dibandingkan dengan pembuatan plat lantai beton konvensional biasa. Selain itu juga tidak memerlukan alat bantu seperti krane, sehingga dapat mengurangi biaya konstruksi.
Analisa Perbandingan Cor Beton Konfensional Dan Dak Beton Kraton

Analisa Harga Pekerjaan Beton Kraton/m2 :
1m2 DAK KRATON AREA  BANDUNG
Bahan Volume Satuan Harga Satuan Jumlah

Kraton T= 10 Cm
  
   20

   m2
  
      8,000.00

160,000.00
Besi Struktur Ø 10     1    Btg     75,000.00   75,000.00
Besi Struktur Ø 8     1    Btg     45,000.00   45,000.00
Kawat Beton     1    Ls     15,000.00   15,000.00
Cor Beton Biasa  0.108    m3   585,000.00   63,180.00
Upah Kerja     1    m2     120,000.00  120,000.00

 Jumlah Harga  478,180.00

Analisa Harga Pekerjaan Beton Konfensional
1m2 DAK KONFENSIONAL AWAL TAHUN AREA  BANDUNG
Bahan Volume Satuan Harga Satuan Jumlah

Bekisting Lantai    
   
     1
 
   m2

  285,000.00

285,000.00
Upah Kerja Bekisting      1    m2   120,000.00 120,000.00
Besi Struktur atas Ø 8      2    Btg     45,000.00   90,000.00
Besi Struktur bawah Ø 8      2    Btg     45,000.00   90,000.00
Kawat Beton      1    Ls     15,000.00   15,000.00
Upah Kerja Besi      14    Kg       3,500.00   49,000.00
Cor Beton Biasa    0.12    m3   585,000.00   70,200.00
Upah Kerja beton   0.12    m3   185,000.00   22,200.00
Jumlah Harga  741,400.00

Keterangan :
Harga Bekisting Untuk Pekerjaan Beton Konfensional Sudah termasuk Biaya Bongkaran

L A M A   W A K T U  P E N G E R J A A N   B E T O N   K R A T O N

LEBIH CEPAT
pemasangannya, dan tidak membutuhkan perancah kayu sehingga ramah lingkungan dengan penggunaan kayu yang sangat sedikit. Pada saat pemasangan tidak menggangu lantai bawahnya, karena tidak memerlukan penyangga perancah seperti pada pembuatan plat lantai beton biasa.Lebih cepat, sehingga dapat membuat plat/dak beton tanpa harus membongkar atap rumah keseluruhan terlebih dahulu. Tidak hanya itu, bila rumah/gedung yang dibangun dari awal dengan menggunakan bekisting yang minim, pekerjaan finishing di lantai bawah dapat segera diselesaikan tanpa harus menunggu selesainya pembuatan plat/dak beton di atasnya .

P E M E S A N A N   P R O D U K   B E T O N   K R A T O N
Untuk Pemesanan Dan Pekerjaan Anda Dapat Menghubungi Kami :

Area Bandung
Jl. Raya Cinunuk Komp. Permata Biru Blok AL No. 29 Cinunuk Cileunyi Bandung

Iwan
Tlp : 082118800690
WA: 081383462798 
Kami pun dapat mengerjakan Desain maupun kontruksi/Borongan

REKOMENDASI PEKERJAAN CEILLING BRICK DI NEGARA LAIN

Sumber
http://www.beodom.com/sr/news/entries/making-of-amadeos-first-floor-slab-with-precast-beams-and-ceiling-bricks
http://www.beodom.com/sr/news/entries/amadeo-2-1st-floor-slab-and-installation-of-avi-thermokorb

59 komentar:

  1. mantap !!! kalo boleh join gorden nya sama ane gan

    BalasHapus
  2. Memang harga perbatangnya brp ya>?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mmm,,,itu tidak dihitung pebatang tetapi di hitung satuan untuk kraton nya.
      mengenai harga dengan pekerjaan dak kratonnya saja harga sekarang permeter persegi/m2 Rp. 470,000
      cal : 081383462798 untuk informasi lebih lanjut

      terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  3. Trimakasih, bisa jadi Solusi untuk desain rumah gw besok.... hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. uhh,,mantap di coba deh pasti puas hehe

      terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  4. tolong buat penawaran dak kraton/ceiling brick luas 120 m2 untuk rumah saya di bandung

    salam yudha

    BalasHapus
    Balasan
    1. baik pak yuda

      penawarannya sudah di kirim via email
      contact : 081383462798 untuk informasi lebih lanjut

      Hapus
  5. informasinya sengat bermanfaat sekali, sudah mencakup cara pemasangan, biaya maupun kekuatannya, sukses selalu

    eben3dimpressions jasa rendering 3d sobat
    follower # 15

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau coba kang eben dak kratonnya,,,?

      terima kasih kang eben sudah berkunjung

      Hapus
  6. Anonim4:28 PM

    ada kah kantor cabang di daerah tasikmlaya?

    BalasHapus
  7. Anonim5:01 PM

    kang mau tanya itu udah berikut pemasangannya & ongkir sampai di tempat? boleh minta penawarannya untuk ukuran kira-kira 5x5m? makasih

    BalasHapus
  8. Anonim10:05 AM

    Mau tanya pa?
    Dalam perhitungan bapak apakah bentangan sloovenya untuk luas 1m2 sudah dihitung belum berikut tiang2nya?

    BalasHapus
  9. BUAT RAB PLAT BETON KONVENSIONAL PENUH KEBOHONGAN, TIDAK BEGITU CARA BISNIS YG JUJUR PAK

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begitu ya Pak Agus
      Sebelum saya menanggapi Komentar bapa, ada baiknya saya kasih saran untuk belajar ADAB terlebih dahulu, jika memang ada sesuatu yang tidak berkenan bicarakanlah secara 4 mata biasa via Email atau Tlp atau WA

      Tanggapan Komentar
      mengenai Analisa harga satuan untuk pekerjaan Beton Konvensional, yang saya buat, adalah perubahan dari satuan Analisa Harga / m3, menjadi Analisa harga satuan /m2 dengan tujuan Agar mudah difahami oleh para Pembaca

      jika bapa merasa bahwa perhitungan Analisa yang saya buat penuh dengan kebohongan, sebaiknya bapa sertakan Hujjah dengan pemahaman Ilmu yang bapa punya

      adapun sebagai rujukan bagi Kebenaran perhitungan Analisa yang saya buat, maka silahkan bapa merujuk pada Link Berikut : signalreadymix.co

      di sana tertera Tabel harga satuan / m2 dari masing-masing harga mutu beton

      jika bapa Malas untuk membuka Link tersebut, atau malas untuk mencarinya, saya berbaik hati untuk menyalinnya
      berikut Salinannya :

      1. Mutu Beton K225
      Beton: Rp. 80.000 /m2
      Ongkos Tukang: Rp. 250.000 /m2
      Bekisting: Rp. 417.500 /m2
      TOTAL HARGA: RP. 747.500 /M2
      Catatan dari saya Harga diatas belum termasuk Bongkaran dan buagan bekas bekisting maka harga tersebut masih bisa bertambah

      2. Mutu Beton K250
      Beton: Rp. 82.000 /m2
      Ongkos Tukang: Rp. 250.000 /m2
      Bekisting: Rp. 417.500 /m2
      TOTAL HARGA: RP. 749.500 /M2
      Catatan dari saya Harga diatas belum termasuk Bongkaran dan buagan bekas bekisting maka harga tersebut masih bisa bertambah

      3. Mutu Beton K275
      Beton: Rp. 84.000 /m2
      Ongkos Tukang: Rp. 250.000 /m2
      Bekisting: Rp. 417.500 /m2
      TOTAL HARGA: RP. 751.500 /M2
      Catatan dari saya Harga diatas belum termasuk Bongkaran dan buagan bekas bekisting maka harga tersebut masih bisa bertambah

      4. Mutu Beton K300
      Beton: Rp. 86.000 /m2
      Ongkos Tukang: Rp. 250.000 /m2
      Bekisting: Rp. 417.500 /m2
      TOTAL HARGA: RP. 753.500 /M2
      Catatan dari saya Harga diatas belum termasuk Bongkaran dan buagan bekas bekisting maka harga tersebut masih bisa bertambah

      Sekian tanggapan dari saya
      Mudah-mudahan pak Agus Bisa Sadar dan mau membuka kembali buku pelajaran Betonnya, agar tidak ada orang yang dirugikan karena lupanya ilmu yang bapa Fahami dan komentar miring bapa kepada saya

      sekian

      Hapus
    2. Saya mau buat lantai 2, 2 unit rumah masing2 50m2 dan 40m2 berapa estimasi biaya borongannya ya.. ariechikazev@gmail.com

      Hapus
  10. Bagus infonya kang.. Barangkali berminat menambah software design terbaru bisa berkunjung ke situs kami www.applicadindonesia.com.. Txs,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Baim
      terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  11. apakah dak keraton ini bisa diaplikasikan untuk lantai tempat jemuran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat Bisa sekali
      Namun dalam Aplikasinya ada Pekerjaan Tambahan Yaitu : Waterproofing

      Hapus
  12. Anonim8:55 PM

    Kalau di Malang sdh ada gak cabangnya yg jual dak kraton ini ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf saya belum tau kalau untuk daerah malang

      Hapus
  13. Salam Kenal,
    Pak Asep, bisa tolong buat rincian biaya untuk dak kraton luas 60 m2 12x5 untuk atap/dak lantai2 rumah saya di bandung (sanggar indah banjaran). Kondisi bangunan saat ini lantai 2 sdh dicor dinding bata naik 1/2meter. Trims

    Salam, Eriyan

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya untuk hal ini via Tlp atau WA saja

      terima kasih

      Hapus
  14. Anonim9:29 AM

    saya mau pasang dak kraton luasnya 2,5 x 3 mtr, total biaya berapa pak? tolong di emailkan ke saya ke oha123@yahoo.com lokasi Karawang Kota.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik pak/Ibu

      Terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  15. Anonim3:22 PM

    minta spesifikasi jangka kekuatannya pak... kabarnya gak tahan gempa? seperti yang masuk tv konon pakek bahan seperti ini yang roboh betul gak ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tidak tahu kabar bangunan Roboh dengan Aplikasi Dak Beton Kraton ini
      Apa lagi sampai Masuk TV

      Jika sudah Masuk TV jelas pasti dari pihak Kepolisian / Penyidik sudah mendatangi Pabrik pembuat dak Kraton
      Namun sampai saat ini tidak ada penyidikan tentang bangunan Roboh akibat pasang dak Kraton

      yang Jelas Dak Beton Kraton ini dibuat untuk ketahanan terhadap Gempa

      Adapun Spesifikasi Jangka Kekuatannya Silahkan Merujuk kepada Puslitbangkim Cipta Karya Pekerjaan Umum bandung
      dengan data:
      PATENT No : 202817/08-03-86SNI No : U. 180/ JU-01/96-MU.0856-1989LOADING TEST – II No : LB/BPPPU / 001 – 12 / IX /99 06.09.9

      sekian
      Terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  16. Sebenarnya saya sudah lama melihat gambar dak beton kraton ini, tapi baru kali ini saya serius membaca. Ternyata banyak keuntungannya juga ya. Sangat bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak sekali keuntungannya Pak Nobel
      salam Sukses selalu

      terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  17. Minimal pemasangan berapa m2?
    Apa tukang bangunan bisa memasang sendiri atau tenaga khusus?
    Kemungkinan menHan beban berapa kg / m2?
    Hatut nuhun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minimal Pemasangan 20m2
      sebetulnya dibawah itupun juga bisa hanya saja Kelemahan Biaya dak Kraton ada diongkirnya saja
      semakin banyak maka Ongkir semakin Murah

      adapun mengenai pemasangan oleh tukang biasapun juga bisa, hanya saja ada sedikit penyesuaian dalam waktu pengerjaannya

      mengenai Beban dalam kg/m2 seperti yang sudah dijelaskan diatas yaitu :mampu menahan beban dibawah 500 kg/m2

      Hatur nuhun
      Terima kasih sudah Berkunjung

      Hapus
  18. mohon informasi. apakah lantai dak beton keraton bisa untuk digunanakn sebagai lahan parkir. rencananya ukuran yg akan di cor 4m x 6m , terima kasih , mohon jawaban bisa di email ke indrat_mojo@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk Landasan Parkir dak kraton tidak direkomendasikan pak Indrat

      namun kalau hanya untuk Penutup atap area Parkirnya sangat bisa sekali

      Terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  19. mohon informasi . apakah lantai dak beton keraton bs buat parkir mobil, krn lahan sy bertipe kontur,, ukuran yg akan di dak. 4m x 8m. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk Landasan Parkir dak kraton tidak direkomendasikan pak Indrat

      namun kalau hanya untuk Penutup atap area Parkirnya sangat bisa sekali

      Terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  20. Wuah. -_- baru tau ane ada beton kraton selama ane ngampus. apa mungkin dah jarang penggunannya kali ya. Terima Kasih dah. atas sharing nambah ilmu. Two Thumbs CirebonIdea

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam Sukses Pak Eltendi

      Terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  21. wow,boleh juga tuh dicoba,kalau di daerah sudah ada belumghan,jenis matrial beton karaton tersebut,thaks

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sekitaran Jabar dan area Jawa sudah banyak pak Ahmadfuad

      terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  22. maaf pak mau tanya,untuk pemesanan dan pengerjaan di kota semarang bisa tidak pak?bisa minta penawaran untuk 102m2 dengn L:6mtr , P: 17mtr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf untuk jarak jauh kami agak kesulitan
      saran lebih baik, kirim tenaga akhlinya untuk pelatihan

      Terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  23. kalau jakarta harga berapa/m2, perkiraan +/- 3m x 7m, sudah sekalian pasang ya, respon ya gan...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk Harga Pemasangan Area Jakarta Hampir Sama dengan Bandung

      Terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  24. wah informasi yang menarik juga karya-karyanya .
    mau teruss..!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam Sukses selalu Pak ajiewp

      Hatur Nuhun
      terimaq kasih sudah berkunjung

      Hapus
  25. Mohon informasi Kang ngedak ukuran 14 m persegi di Bandung perapa ya Kang nuhun Email adgn76@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti saya kabarin Via email
      atau lebih baik Contact Langsung saja ke saya biar lebih jelas

      terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  26. Anonim9:48 AM

    Area jogja, punya no kontak yang bisa dihubungi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Area Jogja Sudah Banyak
      coba Contact ke sini: 0821-3825-4168

      Terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  27. selamat pagi, pak mo nanya klo ngedak uk 1,3m x 6m itu brp ya klo pke dak keraton ini...., rmh sy di lembang, thx b4

    BalasHapus
  28. selamat pagi... pak mo nanya brp biaya nya u ngedak uk 1,3mx6m, lokasi di lembang, hatur nuhun sateuacanna

    BalasHapus
  29. Ada rencana pengin ngedak 70 m persegi Untuk area karawang, permeter persegi brpa ya pak? Tapi harus nambain tinggi bangunan dulu, kurang lebih 50 cm, terus itung itungan biayanya gimana yah klo ky gitu.

    BalasHapus
  30. kang punten kalo 8mx3m ngitunya gmn ya

    BalasHapus
  31. kang kalo ngedek pake dak keraton ukuran 8mx3,5m kira2 berapa ya kang nuhun

    BalasHapus
  32. Pak maaf saya awam...itu panjangnya berapa ya...saya mau dak ukuran 3 kali 5 butuh berapa ya pak keratonnya

    BalasHapus
  33. Punten, manawi kin peryogi pemasangan daerah Limbangan tiasa kang? Nuhun...

    BalasHapus

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.