Lapangan Futsal dan Analisa Pembangunannya

aisarchitect dan CV. aisJayaPratama
Jasa Desaign arsitektur Interior dan Exterior Baik itu rumah tinggal,Gudang,Kantor,Hotel,Lapangan Olah raga, Dll apapun yang akan anda bangun kami siap membantu untuk dapat mewujudkannya. Kami akan memberikan harga yang kompetitip tenaga ahli yang berpengalaman dengan hasil yang memuaskan.
Asep Iwan Sutedi
Hp : 081383462798-081809752581
Alamat : Jl. Raya Cinunuk Kom: Permata Biru Blok AB No. 8 Cinunuk Cileuyi Bandung

Lapangan Futsal 

http://iwanbronk.blogdetik.com/files/2010/05/futsal.jpg

Belakangan ini hobi bermain futsal nampaknya semakin diminati dari mulai anak-anak hingga orang dewasa, dari kota besar hingga daerah. Bagi anda yang memiliki tanah yang cukup luas, dilokasi yang cukup berdekatan dengan perkantoran dan belum dimanfaatkan maka mungkin peluang bisnis lapangan futsal ini dapat menjadi suatu alternatif bisnis untuk anda.

Berikut adalah hal-hal yang perlu dipersiapkan bila anda berminat untuk membuat sebuah lapangan futsal:


1. Tentukan Luas lokasi yang ingin dijadikan usaha membuat lapangan futsal sesuaikan dengan jumlah lapangan yang ingin dibuat. Berikut referensi ukuran satu lapangan futsal:
Ukuran Umum: Panjang: 25 m - 45 m, Lebar: 15 m - 25 m
Ukuran Internasional: Panjang: 38 m - 42 m, Lebar: 18 m - 22 m

http://iwanbronk.blogdetik.com/files/2010/05/ukuran-lapangan-futsal.png

2. Tentukan anggaran yang diperlukan dalam membuat lapangan futsal. Berikut contoh Rencana Anggaran Biaya dalam membuat lapangan futsal ukuran 25 meter x 15 meter (awal tahun 2012):

Biaya Pembangunan Gedung :
Untuk Biaya RAB Gedung Lapagan Futsal
a. Biaya Lapangan Futsal Gedung Indoor Kontruksi Baja Rp. 750,000,000 s/d 850,000,000
b. Biaya Lapangan Futsal Gedung Semi Indoor Konstruksi Baja Rp. 650,000,000 s/d 750,000,000
c. Biaya Lapangan Futsal Outdoor Plesteran Rp. 250,000,000 s/d 350,000,000
Biaya Lain-Lain :
a. Bola Futsal : 2 pcs @ Rp. 150.000 = Rp. 300.000
b. Rompi : 24 pcs @ Rp. 20.000 = Rp. 480.000 

 
Keterangan :
a. Biaya pembuatan lapangan futsal diatas sudah termasuk biaya:
    Rumput, gawang + jaring dan jaring pengaman keliling lapangan.
    Harga sudah termasuk  biaya pemasangan.
b. Lighting memakai daya 350 watt. Harga sudah termasuk
    biaya pemasangan.
c. Tiang lighting berukuran tebal 1,25 inch dengan tinggi 4 meter.
    Harga sudah termasuk biaya pemasangan tiang. Untuk lapangan Outdoor.

3. Persiapkan semua hal yang diperlukan dalam pembuatan
    lapangan futsal yang diinginkan,

Berikut yang perlu diperhatikan: 

- Lokasi dan bangunan.
- Gambar Rencana
  ( Kalo bisa Ke ais architect aja ya contact 081383462798 he he..promosi g apa2 ya...)
- Bahan Lapangan: lantai semen (paling murah), ubin, parkit kayu, rumput alami Untuk out door
  dan Rumput sintetis (lebih mahal)
- Gawang, bola, kaos tim (sewa) dan peralatan untuk futsal lainnya - Jaring :
   yang digunakan untuk   pagar sekeliling lapangan
- Kawat baja : yang digunakan sebagai tiang pada jaring
- cat putih untuk membuat garis pembatas lapangan dan lingkar lapangan.
  ( Utk penggunaan lap dengan sintetis garis lapangan memakai rimput sintetis warna putih )
- spon/busa digunakan kalau lapangan dekat dengan tembok untuk mengindari cedera pemain
- Tempat menunggu (jangan terlalu sempit, agar konsumen puas atas pelayanannya)
- Tempat parkir yang cukup luas (bila perlu gratis, biar banyak pengunjunggnya)
- Jam, buku tamu dan peralatan pendukung lainnya - Fasilitas hiburan seperti TV kalau perlu PS, Timezone, dll (sebagai hiburan untuk menunggu dan bermain agar terlihat eksklusif)

4. Tentukan harga penyewaannya,, standarnya untuk lapangan futsal rumput sintetis, biasanya berkisar 150 rb - 140 rb keatas (outdoor) dan 190 rb keatas (indoor). Sebaiknya survey dulu harga-harga sekitarnya supaya tercipta persaingan yang sehat.

Berikut contoh-contoh Lapangan Futsal:


http://iwanbronk.blogdetik.com/files/2010/05/lapangan-futsal-outdoor.jpg
Lapangan Futsal Outdoor Dengan Plesteran

http://iwanbronk.blogdetik.com/files/2010/05/lantai-degan-rumput.jpg
Lapangan Futsal Semi Indoor Dengan Rumput


http://iwanbronk.blogdetik.com/files/2010/05/lantai-lapangan-degan-vibil.jpg 
Lapagan Futsal Indoor Dengan Vnyil 
 
http://iwanbronk.blogdetik.com/files/2010/05/lapangan-futsal-dg-parquete.jpg
Lapangan Futsal Indor Dengan Paqute

http://iwanbronk.blogdetik.com/files/2010/05/lantai-plastik-m-sport.jpg
Lapangan Futsal Indor Dengan Plastik

Anda tertarik dengan peluang usaha dan bisnis lapangan futsal ini?

Jangan Ragu Kami Siap membantu Untuk dapat mewujudkannya kami akan memberikan harga yang kompetitip tenaga ahli yang berpengalaman dengan hasil yang memuaskan.
Bersama kami
aisarchitect dan CV. aisJayaPratama membangun dengan pengalaman

33 komentar:

  1. Wah terima kasih nih infonya..
    blakangan ini emg saya lagi cari tau tentang biaya lapangan futsal.
    Terima kasih!
    www.ywsarsitek.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. ty,,,sudah berkunjung
      moga beranfaat

      Hapus
  2. salam sukses bang,
    saya tertarik dengan bisnis futsal, tapi tanah saya cuma 15 x 35 meter pinggir jalan raya. rame sihh, cukup ga ya??? posisi di kota metro lampung. mohon infonya hal2 sbb:
    1. menurut abang cocoknya outdor/indoor
    2. Gambar design lapangan + pendukungnya
    3. RABnya..
    mohon kirim infonya ke antssoft@hotmail.com tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. utk ukuran standart utk tanah 15 x 35 masih kurang luas
      tetapi jika bukan digunakan untuk prestasi sangat2 bisa
      mengenai kecocokan pemilihan design indoor atau outdor hal ini tergantung kesiapan anggarannya, jika memungkinkan lebih baik indoor saja.
      mengenai gambar dan RAB nanti saya emailkan contoh2 nya

      terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  3. jasa Pembuatan Maket & penjualan Aksesoris Maket Arsitektur

    BalasHapus
    Balasan
    1. ohh siap omm nanti klo ada pemesanan maket saya contact deh
      omong2 kirim via email dong penawarannya

      terimakasih sudah berkunjung

      Hapus
  4. Anonim9:32 PM

    pembuatan gedung lapangan futsal berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk biaya pembuatan gedung lapangan futsal dengan konstruksi baja biayanya cukup lumayan besar
      nanti saya email RAB nya

      Terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  5. Anonim4:07 AM

    assalamualaikum, saya tinggal dijakarta,,saya ada rencana mw bangun lap. futsal..untuk buat lapangan futsal semi indor berapa ya a' biayanya termasuk genteng nya? insyaallah kalo nanti dh waktunya rezeki, saya punya modal 200 juta,baiknya gimana ya a' dengan modal segitu..?trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum sallam
      baik mengenai RAB lapangan futsal semi indoor nanti RAB contohnya yang sudah ernah dikerjakan saya kirim via email
      mengenai biaya yang sudah ada masih belum mencukupi
      tetapi nanti coba saya kasih solusinya
      Contact: 081383462798 utk info lebih lanjut

      Terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  6. brti itu blm termasuk biaya lahan/tempat ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul itu belum termasuk biaya lahan
      asumsi harga di atas dianggap sudah mempunyai lahan

      terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  7. Anonim9:28 PM

    biaya arsitec nya berapa om?
    untuk pengurusan IMB, mengenai gamabr2 arsitec buatin lengkap ga?
    terimakasih
    harukasuwandi@yahoo.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti biaya design nya saya kirim via email
      mengenai pengurusan IMB kalo pembangunan lapangan futsalnya di daerah bandung saya bisa bantu
      mengenai gambar saya buatkan lengkap untuk bisa di pakai di apangan

      Terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  8. vendy_adja@yahoo.com12:58 PM

    saya sangat berminat brother dengan usaha membangun lapangan futsal ini,.rencana mau bangun di unit 2 lampung,.!!
    kirim ke ane jg ya gan RAB nya,.
    saya cm pnya lahan saja,.tlong rincian nya ya gan krim ke vendy_adja@yahoo.com
    kapasitas untuk 3 lapangan ukuran 40m-20m,.

    BalasHapus
    Balasan
    1. baik pak Vendy
      nanti saya kirim RAB nya
      utk informasi lebih lanjut bapak bisa contact saya

      Terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  9. Ada contoh RAB lapangan basket sama Volly nggak broo......tolong dong di email..terima kasih sebelumnya.

    emakmintaduit@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh pak ipang
      nanti coba saya kirimkan RAB nya

      Terima Kasih Sudah berkunjung

      Hapus
  10. Anonim3:40 PM

    saya tertarik untuk membuat lap futsal di daerah samarinda dan balikpapan.. boleh bertanya kira - kira berapa ya ukuran tanah yg di perlukan untuk 3 buah lapangan futsal indoor trmasuk ruang tunggu dan parkir (biasa saja).. beserta seluruh biaya pembuatan lapangannya (bersih lgsg jadi lapangan tdk trmasuk rompi) menggunakan rumput sintetis.. mohon kirim ke email saya ya di rizal.klik@yahoo.com atau rizalrachman20@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik pak Rizal
      coba nanti saya kirimkan RAB nya

      Terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  11. Anonim8:02 PM

    Om mau nanya
    Klau gmbar design indor sama semi indor yg lebih dari 1 lapang gmna om?
    Gpp om 1 lapang jga tpi gmbrnya yg memungkinkan bisa nmbh lapang lg kedepannya om?blh liat contoh gmbr/design nya om? Bisa via email adiraditia@yahoo.com
    Saya lokasi bdg brminat usaha lap futsal

    BalasHapus
    Balasan
    1. baik pak adi
      coba nanti saya kirimkan untuk gambar lapangan futsalnya

      Terima Kasih sudah berkunjung

      Hapus
  12. Anonim8:06 PM

    Om lupa
    Sama kira" RAB nya brpa ya om?
    Adiraditia@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke pak
      nanti saya kirimkan juga

      Hapus
  13. Anonim3:48 PM

    assalamualaikum
    terimakasih untuk info nya gan, dan saya memang sedang tertarik untuk mencoba menekuni bisnis ini gan. ada beberapa hal yg ingin saya tanyakan ke agan, masalah biaya pembuatan lapangan futsal. kira2 lapangan semi indor dengan lantai semen saja memakan biaya berapa banyak gan? timakasih seblumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. baik pak
      coba nanti saya kirim via email bapak

      Terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  14. Wahhh, sangat bermanfaat.
    ada contoh RAB lapangan tenis outdoor dan lapangan basket outdoor ga ? bisa minta tolong dikirim ya..
    terimakasih sebelumny . :)

    Geksara@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. baik ibu,,,coba nanti saya buatkan analisa nya
      untuk lapangan Tenis Dan Basketnya

      Terima Kasih Sudah berkunjung

      Hapus
  15. bermanfaat, ada contoh RAB untuk lapangan tenis dan basket outdoor ya ? bisa minta tolong kirim ya..
    email : geksara@yahoo.com
    terimakasih sebelumnya.
    matur suksema (bhs bali). :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. baik ibu,,,coba nanti saya buatkan analisa nya
      untuk lapangan Tenis Dan Basketnya

      Terima Kasih Sudah berkunjung

      Hapus
  16. Assalamu alaikum, mas saya mau buat lapangan futsal di daerah Pasuruan semi indor, berapa ya perkiraan biayanya termasuk atap seng dan peredam panas nya? rencana saya pakek dinding 2 meter dan atasnya pakek kawat saja atau sebaiknya bagaimana?trimakasih emael saya dimaskoyong@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum sallam baik pak abdul,,,coba nanti saya kitrimkan Contoh RAB yang sudah saya bagun
      tetapi kemungkinan besar tidak akan sama karna hal ini perlu didasarkan atas design perencanaan yang akan bapak buat
      tetapi tidak masalah jika hanya akan di jadikan dasar acuan saja

      Terima Kasih Sudah berkunjung

      Hapus
  17. Anonim1:46 PM

    Assalamu alaikum, mas saya
    mau buat lapangan futsal di
    daerah tasikmalaya semi indor,
    cuma untuk 1 lapangan dulu, tolong kirim RAB nya dg konsep semi indor, tinggi dinding 2m dan keatasnya pake kawat.
    sebaiknya bagaimana?
    trimakasih email saya
    firdausrida@yahoo.com
    Balas

    BalasHapus

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.