Ragam Dan Fungsi Kamar Mandi

Mengenal Ragam Dan Fungsi Kamar Mandi

Tak bisa disangkal lagi saat ini keberadaan kamar mandi merupakan salah satu elemen utama yang membuat tampilan rumah semakin cantik. Fungsi kamar mandi tak sekedar hanya untuk membersihkan tubuh kini kamar mandi merupakan sarana untuk relaksasi, dan banyak ide-ide kreatif terlahir di sini. serta keberadaannya merupakan penunjang cantiknya sebuah rumah.

Jika kita melihat design kamar mandi yang banyak beredar saat ini, design kamar mandi semakin kreatif dan tak terbatas. Jika dulu kamar mandi terdiri dari bak dan kloset serta keberadaannya di luar rumah kini tak harus seperti itu, sudah banyak kamar mandi yang terdapat di dalam ruang bahkan di area kamar tidur.
Sebetulnya kamar mandi terdiri dari dari dua jenis,

Kamar mandi basah

Kamar mandi ini memang merupakan jenis kamar mandi dimana ada bak air dan kloset yang menyatu. Ini merupakan kamar mandi yang paling umum ada, dan biasanya lantainya selalu basah karena air terpercik kemana-mana. 
Kamar mandi jenis ini pun juga bisa menggunakan shower tanpa pembatas antara kloset dan area shower.




Kamar mandi kering 

Biasanya kamar mandi seperti ini terdiri dari area shower dan kloset yang dibatasi oleh pembatas baik tirai,kaca maupun tembok. sehingga Area shower merupakan area yang selalu basah, dimana air dari ciprtan tidak menyebar ke seluruh ruangan karena terhambat oleh pembatas sehingga menjadikan area kloset serta wastafel merupakan area kering. Namun kamar mandi kering jenis ini pun ada yang menggunakan bath tub sehingga benar-benar kering karena aktivitas mandi dilakukan di dalam bath tub dan air tidak terpercik kemana-mana. Bath tub biasanya bercampur dengan area shower namun tidak menjadi masalah karena kamar mandi ini memang benar-benar kering.












Nah tinggal anda yang memilih kamar mandi jenis apa yang anda inginkan. Sesuaikan juga dengan luas lahan yang ada sehingga tidak terlalu memaksakan. Selain fungsi estetika kamar mandi juga harus terjaga dan tentu saja kebersihannya.

Tiga Fungsi Kamar mandi

1. Untuk mandi
2. Untuk buang hajat
3. Untuk relaksasi

Fungsi utama kamar mandi adalah untuk membersihkan badan (mandi) dan melakukan keperluan ekskresi. Adanya interior kamar mandi menjadi hal mutlak ada di sebuah rumah. Seiring berjalannya waktu, fungsi kamar mandi menjadi semakin luas. Tidak hanya menjadi tempat untuk ritual membersihkan diri tetapi juga sebagai tempat relaksasi dengan adanya komponen tambahan semisal bath tub, sauna, pijat air dan sebagainya.

Dalam merancang interior kamar mandi yang tidak hanya berfungsi sebagai tempat untuk membersihkan diri, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan. Simak beberapa hal esensial dalam merancang interior kamar mandi berikut ini :

Perencanaan

Tahap ini adalah tahap pertama dan paling penting dalam merancang interior kamar mandi. Anda sebaiknya merencanakan sedari awal barang atau kebutuhan apa saja yang akan Anda letakkan di kamar mandi. Bila Anda menyukai kegiatan membaca sambil berendam maka Anda sebaiknya meletakkan rak yang mudah dijangkau di dalam kamar mandi. Bila Anda menginginkan untuk menyimpan handuk dan peralatan mandi di dalam area kamar mandi, maka Anda sebaiknya menyediakan lemari penyimpanan. Anda dapat memilih furniture dengan desain yang unik untuk menambah kesan eksklusif pada kamar mandi Anda.

Warna

Warna mencerminkan tema interior kamar mandi yang dapat disesuaikan dengan konsep yang diinginkan, misalnya warna-warna cerah seperti kuning, merah, hijau dapat dipakai untuk konsep kamar mandi anak-anak. Sedangkan warna-warna pastel dapat digunakan untuk kamar mandi utama.

Pencahayaan
Tata cahaya tidak kalah penting dengan warna dan tekstur. Idealnya, interior kamar mandi mendapatkan cukup cahaya, selain agar tidak menjadi sarang nyamuk atau bakteri yang berkembang biak di area lembab, kamar mandi yang cukup cahaya juga membantu kemampuan visual manusia. Cahaya terbaik adalah cahaya yang berasal dari matahari. Anda dapat mengatur letak lubang-lubang cahaya sehingga cahaya matahari dapat masuk dengan iluminasi yang pas. Dengan begitu Anda tidak perlu menyalakan lampu saat masuk ke kamar mandi di siang hari.

















Tekstur

Tekstur interior kamar mandi penting untuk memanjakan visual Anda. Anda dapat menggunakan warna-warna netral untuk dinding yang dipadukan dengan serasi bersama warna keramik. Paduan ini dapat menimbulkan kesan yang tidak monoton. Anda dapat memadukan warna putih untuk dinding dengan sedikit motif dan warna coklat dengan keramik bermotif metal yang bertekstur khas. Atau bisa juga menggunakan keramik bertekstur kayu untuk menimbulkan kesan hangat.

Demikian sekilas tentang ragam dan fungsi kamar mandi semoga bermanfaat
selamat membagun dan sukses.

aisarchitect : Jasa Desaign Arsitek Di Bandung

Principal : Asep Iwan Sutedi
Tlp : 082118800690
WA: 081383462798
Alamat : Jl.Raya Cinunuk Komp: Permata Biru Blok AL No. 29
Cinunuk Cileuyi Bandung 40393 Jawa - Barat
aisarchitect Studio yang bergerak dibidang Jasa Rancang Bangun Arsitektur di Bandung baik itu Rumah tinggal, kantor, Ruko, Hotel, Pabrik, Apartement dll apapun yang akan anda bangun kami siap membantu untuk dapat mewujudkannya.
kami akan memberikan harga yang kompetitip dengan hasil yang memuaskan.tenaga ahli yang berpengalaman dibidang rancang bangun selama 6 tahun Kami juga menerima kerjasama untuk jasa pembuatan gambar kerja
segera hubungi kami




7 komentar:

  1. terima kasih atas infonya.
    Saya mau tanya kira-kira kira-kira desain yang bagus buat kamar tidur yang seperti apa ya ?
    kalau ada bisa ditunjukkan fotonya.
    untuk desain kamar mandi yang minimalis tapi terkesan mewah kira-kira komponen apa aja yang bisa dipasang?
    terima kasih buat jawabannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih juga sama2
      mengenai desain Kamar tidur yang bagus sih buanyakk tetapi yang cocok dengan selera menurut saya itu yang sangat sulit,
      terkadang keinginan menata ruangan terbentur dengan luasan ruangan itu sendiri, jadi menurut saya desain yang bagus itu desain yang mengindahkan kaidah prinsif desain dengan selera penghuni itu sendiri.
      nah kalo masalah komponen kamar mandi coba deh dengan accecories lukisan,bunga dan warna yang terang
      ya itu saja deh yang bisa saya jelasin

      terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  2. trus, dijual d mana ajah y?
    tq.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh,,,ya banyak coba cari ditoko Sanitary

      terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  3. blog yg menarik, bisa menambah inspirasi dan mengembangkan ide2 sy.., terima kasih..;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin,,amin
      mudah2an bermanfa'at

      terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  4. Anonim9:45 PM

    thank's untuk infonya..

    BalasHapus

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.