Arsitek Rumah Klasik Bandung

aisarchhitect
Rancang Bangun Arsitektur dan Interior
Contact Person : 082118800690
 
    Setiap Orang tentu memiliki selera yang ber beda-beda dalam menentukan type Rumah Tinggal yang diinginkan. ada yang bangga dengan gaya Arsitek Modern ada juga yang bangga dengan gaya Arsitektur  Klasik.
Penilaian Kami sendiri untuk Orang yang menyukai dan memilih desain Rumah bergaya Arsitektur Klasik ialah orang yang sangat berani yang berseni tinggi, Namun tentunya Terlepas dari itu semua penentu, hasil akhir dari sebuah Rumah Tinggal adalah: Untuk kenyamanan hidup berkeluarga di dalam Rumah.

Rumah Klasik Nan Artistik
    Arsitektur klasik adalah : Gaya bangunan dan teknik mendesain yang mengacu pada zaman klasik Yunani yang memiliki citra Seni tinggi, seperti yang digunakan di Yunani kuno pada periode Helenistik dan kekaisaran Romawi. Dalam sejarah Arsitektur, Arsitektur Klasik ini juga, nantinya terdiri dari gaya yang lebih modern dari turunan gaya yang berasal dari Yunani.


Sejarah Bangunan Klasik
Saat orang berpikir tentang arsitektur klasik, umumnya mereka berpikir sebuah bangunan yang terbuat dari Kayu, Bambu, Batu, dan lain-lain. Dalam beberapa kasus hal tersebut, kita katakan Benar
Namun dalam pembahasan mengenai Arsitektur Rumah Klasik disini adalah: mengenai salah satu Nafas Modern dalam desain gedung yang memiliki Detail Berseni Tinggi.
Misalnya: 
Sebuah Atap, Lisplank, Tiang, Bahkan sampai dengan Struktur, dibuat dengan Detail yang sempurna serta sangat Berseni Tinggi.

       Langgam Arsitektur Klasik muncul bersamaan dengan dimulainya peradaban tulisan secara formal, belum ditemukan secara spesifik kapan era ini dimulai maupun berakhirnya.
Namun, jenis langgam ini banyak dijumpai di benua Eropa. Dalam beberapa alasan, jenis arsitektur rumah klasik ini dibangun dengan tiga tujuan:  
sebagai tempat berlindung
sebagai wadah menyembahan Tuhan
sebagai tempat berkumpul dan lain-lain 

Untuk alasan kedua dan ketiga inilah bangunan bergaya Klasik ini dibuat sedetail mungkin dan seindah mungkin yang sangat berseni tinggi dengan memberi ornamen-ornamen detail hiasan yang sangat baik.
Seiring waktu berlalu, bangunan menjadi lebih rumit dan lebih rinci. Beberapa peradaban yang tumbuh dari batu dan lumpur turut memperkaya ragam bentuk Arsitektur Klasik, misalnya candi dan lain sebagainya.

Arsitektur Klasik Saat Ini
Bentuk-bentuk arsitektur klasik masih eksis hingga saat ini dan diadopsi dalam bangunan-bangunan modern. Pilar-pilar besar, bentuk lengkung di atas pintu, atap kubah, dan sebagainya adalah sebagian ciri Arsitektur bergaya Klasik. Ornamen-ornamen ukiran yang rumit dan detail juga kerap menghiasi gedung-gedung yang dibangun di masa sekarang
     Dua konsep modern dan klasik memang gampang- gampang susah untuk dipadukan dalam suatu hunian. Namun, dengan perencanaan desain yang baik, tentu bisa menghasilkan perpaduan yang menarik pula.
Konsep modern dan klasik adalah dua gaya yang berbeda, masing-masing memiliki keunikan dan ciri khas untuk menonjolkan konsep utamanya sendiri dalam hunian. 
Desain klasik umumnya cenderung rumit dengan banyak ornamen. Biasanya dimiliki oleh penghuni rumah yang fanatik dengan arsitektur klasik berseni tinggi yang penuh hiasan.

Sementara, gaya modern cenderung didominasi bentuk geometris yang tidak banyak hiasan, bahkan tanpa hiasan atau ornamen sama sekali. Meskipun dua desain ini berbeda prinsip, tak ada yang salah juga jika Anda ingin menggabungkan keduanya, asalkan tidak merusak estetika bangunan.

Biasanya penghuni rumah yang membangun rumah dengan memadukan dua konsep ini dilatarbelakangi kesukaannya pada kedua gaya tersebut. Karena alasan tersebut, konsep bangunan yang digunakan pada gaya hunian seperti ini sudah tentu jauh berbeda. Hal itu karena konsep desain klasik modern merupakan penyederhanaan gaya arsitektur klasik dengan perpaduan gaya arsitektur modern yang “Indonesia”. 

Artinya, sudah diadaptasikan dalam kecenderungan kesukaan orang Indonesia terhadap gaya modern.
Selanjutnya, penyederhanaan yang dimaksud, misalnya pada gaya klasik, Probo menyebutkan, berarti menghilangkan banyak unsur dekorasi yang terlihat “berat”, seperti kolom Corinthian atau Ionic yang biasanya ada pada desain klasik.Sementara, penyederhanaan unsur gaya klasik lainnya, tampak pada penggunaan lis profil yang tidak lagi sangat rumit tapi simpel. Seperti menggunakan satu lis tebal saja.Sementara, pada fasad bangunannya, menurut Probo, ciri bangunannya bisa merupakan perpaduan dari gaya klasik yang rumit dan gaya modern yang simpel. Keduanya saling menekan dan menetralkan sehingga muncul gaya arsitektur yang tidak terlalu rumit dan tidak terlalu sederhana.
Kelebihan dari gaya modern klasik adalah gaya ini kemungkinan diterima oleh penyuka gaya klasik dan modern. Perpaduan tersebut adalah gaya peralihan dari konsep gaya klasik yang berkembang pada era 1990-an menuju konsep gaya modern yang berkembang pada era 2000-an hingga sekarang.Untuk kekurangannya, gaya perpaduan tersebut cenderung lebih menekankan pada kesukaan pada bentuk indah fasad, tapi tidak pada fungsi ruang pada desain rumah.

=================
Mau Desin dan bangun Rumah Klasik silahkan hubungi 
aisarchitect dan CV.aisJayaPratama:
Jasa Design Arsitektur Dan Interior

Asep Iwan Sutedi
Contact :
Tlp : 082118800690
WA: 081383462798
Alamat :
Komp : Permata Biru Blok AL No. 29 Cinunuk Cileunyi Bandung - Jawa Barat

6 komentar:

  1. rumah klasik bandung
    http://bandung.olx.co.id/arsitek-rumah-klasik-iid-63262452

    BalasHapus
  2. Anonim7:06 PM

    mantap gan,,,jadi ada ide buat para penyuka rumah klasik
    di bandung masih jarang yang bangun rumah klasik ini gan
    sukses slalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks sudah berkunjung
      info saja ya kalau ada yang mau design rumah Klasiknya

      Hapus
  3. Wuanjit. Ane kebetulan mahasiswa arsitek yang genre nya classic nih kesukaan ane banget. itu profilannya gile banget min. XD Update lagi sih min yang classic. Photo Photonya buat referensi ane.
    CirebonIdea

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks Bro Eltendi dah berkunjung

      salam kenal

      Hapus

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.