Cara Membuat Bak Mandi Anti Bocor

Pernahkah Sahabat mendapat keluhan tentang bak mandi yang sudah dipasang keramik namun masih tetap bocor,,,? Dalam beberapa kasus keluhan mengenai kebocoran bak mandi ini sering kami dapati, dan sangat membuat kesal karena pengeluaran air terbuang sia-sia. 

Tingkat kebocoran pun bermacam-macam, ada yang cukup besar sehingga saat baru diisi air ternyata sudah habis dalam waktu kurang dari beberapa jam saja.
Ada juga bocor halus yang seolah tidak terlihat, namun setelah satu malam air dalam bak pasti berkurang ketinggiannya.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya,,,?
Mari kita kupas bersama
Sebelum membahas solusi, mari kita ketahui terlebih dulu mengapa bak air bisa bocor ? Untuk kebocoran yang besar, dalam proses pembuatan biasanya untuk bak air yang terbuat dari bata merah tidak diplester dahulu, karena setelah dipasang keramik dan nat dikira bak air akan rapat/kedap, namun Ternyata perkiraan tersebut sangat keliru dan fatal, karena hubungan antara keramik dan nat adukan semen tidak bisa sepenuhnya melekat.


karena dalam proses pengeringannya, maka akan menyusut sehingga menimbulkan celah-celah yang bisa dilewati oleh air.

Bata merah yang tidak diplester akan mudah dimasuki air, baik karena ada rongga pada nat maupun lantaran sifat bata merah yang poros dan mudah dirembesi air. Kondisi ini menyebabkan persediaan air dalam bak akan berkurang.
Sementara untuk bocor halus, biasanya permukaan bata sebelum dipasang keramik sudah diplester akan tetapi kualitas plesterannya kurang bagus. Pasirnya terlalu kasar dan mungkin kadar semen juga sedikit sehingga masih bisa ditembus oleh tekanan air.

Hal terpenting yang harus kita sadari adalah hilangkan anggapan bahwa dengan memasang nat di celah-celah pasangan keramik maka otomatis pasangan keramik sudah kedap air (rapat,tidak akan bocor). kareana pada dasarnya Hubungan antara keramik dengan nat belum tentu sempurna dalam kerekatanya. yang disebabkan oleh sifat bahan perekat yang digunakan maupun ketelatenan para tukang ketika mengisi nat keramik itu sendiri.

Bahan perekat dapat berupa pasta semen (semen+air) atau pun semen instan khusus pengisi nat yang berwarna menyesuaikan warna keramiknya.
Ada baiknya, sebelum pemasangan kramik terlebih dahulu diantisipasi dengan cara di test terlebih dahulu apakah plesteran sudah dalam keadaan kedap air sebelum dipasang keramik, sehingga fungsi keramik khusus untuk memberikan keindahan dan menjaga kebersihan bak, karena jika airnya sudah mulai kotor akan lebih cepat terlihat endapannya.

Ada 2 macam pembuatan bak air yang harus kita ketahui. 
Pertama
bak air sudah dicetak dahulu di tempat lain, yang banyak dijual dalam bentuk bak sudah jadi dengan berbagai ukuran misal ukuran dalam panjang 60 cm x lebar 60 cm dan tinggi 60 cm. Ketebalan bak tersebut sekitar 5-8 cm, dan jika kita coba diisi dengan air maka sudah cukup kedap. Jikapun ada sedikit rembesan, maka rembesannya sangat kecil sekali.

Jenis bak ini sangat bagus kalau kita beli kemudian kita pasang di kamar mandi, barulah kita pasang keramik. Cara pemasangan keramiknya pun sangat simple dengan sistem tipis. Bisa menggunakan semen instan atau adukan biasa dengan perbandingan 1 semen + 1pasir halus + air secukupnya.
Catatan
Pasir ini sebaiknya diayak 2 mm agar adukannya plastis dan mudah dikerjakan. Jika masih kurang plastis maka bisa kita tambahkan lem putih PVAC.

Kedua
Kita membuat sendiri dengan pasangan bata merah yang dipasang berdiri. Setelah bata merah dipasang, lalu diplester kedua permukaannya, bagian dalam, bawah, dan luarnya dengan adukan 1 semen +2 pasir halus dan air secukupnya. Jika plesteran sudah selesai, bagian dalam dan bawahnya diaci hingga seluruh permukaan bagian dalamnya rata dan padat. Jangan langsung dipasang keramik. Coba diuji dulu dengan menampung air hingga penuh selama satu malam. Jika tidak bocor, barulah dipasang keramik.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dalam Pembuatan Bak Air

Untuk pemasangan pipa pembuang usahakan berada di bawah permukaan dasarnya, agar ketika menguras maka semua air bisa terbuang/tersedot. Jika memasang pada bagian samping, kemungkinan ada air yang tidak keluar/masih tersisa, sehingga menyulitkan dalam proses pembersihan bak air.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah pemasangan keramik pada sudut bibir bak. Dahulu banyak orang yang memasang sudut keramik dengan menggosok 45 derajat dengan harapan pasangannya rapi dan indah dipandang. Namun setelah dipasang ternyata di sudut itu sangat mudah rusak karena benturan gayung yang tiap hari menyentuh. Bahkan tangan kita juga akan tergores karena sudut keramiknya lancip sehingga perih.

Untuk mengatasi hal tersebut, kini banyak dijual pemanis sudut atau lebih dikenal dengan kuku macan yang membuat sudut bak lebih nyaman, tidak mudah tergores, dan tangan kita juga aman dari goresan. Jika tidak dipasang kuku macan maka lebih baik sudut keramik kita pasang nat yang agak lebar, sekitar 2 atau 3 mm dan dibulatkan. Ini juga lebih aman dan tidak mudah retak.

Hal yang paling harus diperhatikan adalah ketika merencanakan letak bak air yang dikombinasikan dengan closet. Hendaknya letak bak air berada di sebelah kanan agar memudahkan pengambilan airnya. Sering kita menjumpai bak air terletak di sebelah kiri closet sehingga menyulitkan pemakaian.

Tidak kalah penting juga untuk merencanakan ketinggian bak air. Kadang kita menjumpai bak yang terlalu tinggi sehingga kesulitan mengambil airnya, atau baknya terlalu rendah sehingga air yang dipakai untuk mandi bisa kembali masuk ke bak. Tinggi ideal bak mandi bagian luar untuk orang Indonesia adalah 70-75 cm, dan tinggi bagian dalam cukup 60 cm sehingga ada jarak sekitar 10-15 cm agar pemasangan pipa pembersih bisa lancar. Jangan membuat bak mandi terlalu dalam, karena akan menyulitkan proses pembersihannya.

Sekian
Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan

Mau konsultasi seputar Konstruksi, Desain Bangunan, atau RAB

Hubungi Kami
ais architect : Jasa Desaign Arsitek Di Bandung
Asep Iwan Sutedi


Tlp : 082118800690
WA: 081383462798
Alamat : Jl.Raya Cinunuk Komp: Permata Biru Blok AL No. 29 Cinunuk Cileunyi Bandung 40393 Jawa - Barat
ais architect Studio yang bergerak dibidang Jasa Rancang Bangun Arsitektur, baik itu Rumah tinggal, kantor, Ruko, Hotel, Pabrik, Apartement dan lain-lain.

Apapun yang akan anda bangun kami siap membantu untuk dapat mewujudkannya.
kami akan memberikan harga yang kompetitip dengan hasil yang memuaskan. 
Juga tenaga ahli yang berpengalaman dibidang rancang bangun selama lebih dari 6 tahun

ais architect

Membangun dengan pengalaman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.